KISI-KISI  SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL 2017/2018 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


Yth. Bapak/Ibu Guru dan Siswa kelas IX yang berbahagia,

Dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN)  tahun pelajaran 2017/2018, berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba UN 2018 yang berisi materi dan prediksi pokok-pokok soal UN 2018.
Kisi-kisi berikut dikembangkan secara mandiri berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP. Kisi-kisi ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan soal latihan atau soal uji coba UN.
Bagi siswa, kisi-kisi ini dapat digunakan sebagai acuan mempelajari materi-materi atau pokok bahasan sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional tahun 2018, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia

KISI-KISI  SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Disusun berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 SMP/MTs. dari BSNP)



BACA JUGA: KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA

No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-   Memaknai
Menentukan  makna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
1.       
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, siswa mampu menentukan makna kalimat tertentu pada paragraf
2.       
Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
4.       
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan keistimewaan tokoh dengan tepat
5.       
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
6.       
Disajikan teks biografi, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
7.       
Menentukan bagian teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan bagian tertentu (simpulan) pada teks dengan tepat
8.       
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menentukan ide pokok
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok  paragraf dengan tepat.

9.       
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat utama dalam paragraf dengan tepat
10.   
Menyimpulkan isi teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
11.   
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disajikan paragraf, siswa menentukan kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan pada paragraf dengan tepat
12.   
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat yang merupakan pendapat pendukung
13.   
Meringkas isi teks
Disajikan kutipan yang terdiri atas dua paragraf, siswa mampu membuat ringkasan dengan tepat
14.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
15.   
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
16.   
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks dengan tepat
17.   
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan kelemahan buku pada teks dengan tepat
18.   
Mengomentari isi teks

Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
19.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan puisi, siswa mampu mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat.
20.   
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fable, siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
21.   
menentukan bagian cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan bagian cerpen (alur) dengan tepat
22.   

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan  dengan tepat.
23.   
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
24.   
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan fabel, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
26.   
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa mampu menentukan penyebab konflik dalam kutipan dengan tepat
27.   
Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa mampu menentukan akibat dalam kutipan dengan tepat
28.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
29.   
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
Disajikan kutipan fabel, siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan dengan tepat
30.   
menunjukkan bukti latar dan watak
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
31.   
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
32.   

Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan penggalan fabel, siswa mampu mengaitkan fabel kehidupan masa kini dengan tepat.
33.   
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
34.   
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
35.   
Disajikan penggalan fabel/cerpen , siswa mampu menunjukkan kelemahan cerita  dengan tepat.
36.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah/kata dengan tepat.
37.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
38.   
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
39.   
melengkapi paragraf
Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
40.   
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks  yang tepat.
41.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
42.   
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
43.   
menulis dengan ilustrasi tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, siswa mampu menulis
44.   
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan teks tertentu, siswa mampu mengubah ke bentuk teks yang lain.
45.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua kata  yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
46.   
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif,  siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
47.   
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
48.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan)dengan tepat.
49.   
mengisi konjungsi dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
50.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
51.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, , siswa mampu memperbaiki paragraf dengan menghilangkan kalimat yang tidak padu dengan tepat
52.   
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata  dengan tepat.
53.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat  dengan tepat.
54.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-        Memaknai
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
55.   
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda
baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
56.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip


Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
57.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat.
58.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.


59.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat.
60.   
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
61.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
62.   


RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA

1.       Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks


2.       Pernyataan yang sesuai dengan isi teks


3.       Makna kata dalam teks


4.       Ide pokok paragraf


5.       Kalimat utama paragraf


6.       Simpulan paragraf


7.       Kalimat persetujuan dalam teks


8.       Kalimat hubungan sebab akibat


9.       Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita


10.   Konflik dalam cerita


11.   Amanat cerita


12.   Kalimat yang tidak padu dalam teks


13.   Peristiwa yang tergambar dalam teks


14.   Teks laporan


15.   Urutan kalimat teks sastra


16.   Mengubah teks ke bentuk teks lain


17.   Perbaikan penulisan ejaan


18.   Perbaikan kalimat (kalimat efektif)


19.   Ringkasan teks


20.   Tokoh utama cerita


21.   Teks Prosedur


22.   Keistimewaan dan Keteladanan tokoh (teks biografi)


23.   Kata bentukan


24.   Kalimat tidak efektif


25.   Menyunting ejaan dan tanda baca



0 Response to "KISI-KISI  SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL 2017/2018 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA "

Posting Komentar