MENENTUKAN KALIMAT PERTANYAAN YANG TEPAT SESUAI ISI TEKS PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
Soal di atas menanyakan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan informasi tersurat teks/ menentukan kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
BACA BEDAHKISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
Teks di atas mendeskripsikan kondisi lingkungan di Perumahan Cendana yang sangat baik. Hal yang dideskripsikan antara lain kondisi selokan yang baik dan tempat pembuangan yang terawat. Pertanyaan yang sesuai isi teks adalah Bagaimana kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Cendana?(jawaban C)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PERTANYAAN YANG JAWABANNYA SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .
Langkah-langkah Menentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai isi teks.
c. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: tempat terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya peristiwa
Kunci Jawaban: C
PembahasanSoal di atas menanyakan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan informasi tersurat teks/ menentukan kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
BACA BEDAHKISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
Teks di atas mendeskripsikan kondisi lingkungan di Perumahan Cendana yang sangat baik. Hal yang dideskripsikan antara lain kondisi selokan yang baik dan tempat pembuangan yang terawat. Pertanyaan yang sesuai isi teks adalah Bagaimana kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Cendana?(jawaban C)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PERTANYAAN YANG JAWABANNYA SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .
Langkah-langkah Menentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai isi teks.
1. Bacalah dengan cermat kutipan teks.
2. Pahamilah isi teks dengan benar.
3. Tentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks.
Berikut kalimat pertanyaan dan jawaban atas pertanyaan berkaitan isi teks.
a. Apa (what) peristiwanya?
Jawaban sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
Jawaban sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
b. Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?
Jawaban: Pihak (subjek) yang diinformasikanc. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: tempat terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya peristiwa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIABACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat hubungan sebab akibat
9. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Teks Prosedur
22. Keistimewaan dan Keteladanan tokoh (teks biografi)
23. Kata bentukan
24. Kalimat tidak efektif
25. Menyunting ejaan dan tanda baca
26. Menentukan penyebab konflik
27. Menentukan amanat cerita rakyat
0 Response to "PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs NOMOR 1: MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TERSURAT"
Posting Komentar