RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-7
Sekolah : SMP ..................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/ 2
Materi Pokok : Teks Persuasi
Alokasi Waktu : 4 X Pertemuan ( 12 JP)
A. Kompetensi Inti
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | |
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca. | 3.13.1 Mengamati model-model teks persuasi 3.13.2 Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca 3.13.3 Mendiskusikan pengertian dari teks persuasi 3.13.4 Mendiskusikan jakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi | |
| 4.13.1 Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi 4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi | |
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca | 3.14.1 Mendiskusikan struktur isi teks persuasi 3.14.2 Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca /didengar 3.14.3 Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang dibaca/didengar 3.14.4 Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi. 3.14.5 Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alas an dan bukti, saran, arahan atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan. | |
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan | 4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi 4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi. 4.14.3 Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.
2. Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca
3. Mendiskusika pengertian dari teks persuasi secara tepat.
4. Menetukan ciri tujuan teks persuasi dibaca/didengar secara tepat
5. Mendiskusikan ajakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi yang dibaca/didengar secara tepat.
Fokus penguatan pendidkan karakter
- cermat
- teliti
Pertemuan kedua
1. Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.
2. Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi
3. Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi
Fokus penguatan pendidikan karakter :
- cermat
- teliti
- percaya diri
Pertemuan ketiga
1. Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar
2. Mendiskusikan struktur isi dan kaidah kebahasaan teks persuasi
3. Mendiskusikan perbedaan pada setiap kalimat/paragraph berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
4. Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi.
5. Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah actual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alas an dan bukti, saran, arahan atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan.
Fokus penguatan pendidikan karakter :
- cermat
- teliti
- percaya diri
Pertemuan keempat
Setelah mengamati contoh teks persuasi, peserta didik dapat:
1. Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
2. Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
3. Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
Fokus penguatan pendidikan karakter :
1. Kerja sama
2. Teliti
3. Tanggung jawab
4. Percaya diri
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan kesatu
(1) Faktual
HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Rokok mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.
(2) Konsep
a. Informasi teks persuasi
b. Pengertian teks persuasi
c. Ciri isi teks persuasi
d. Tujuan teks persuasi
Pertemuan kedua
(1) Fakta
PENDIDIKAN Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan pendidikan kita bias mendapatkan pencerahan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan belajar dengan giat baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak belajar dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia karena tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh karena itu, marilah belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar kita dapat mendapat cita-cita. |
(2) Konsep
a. langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi
langkah-langkahmerumuskan kesimpulan teks persuasi.
· Membaca keseluruhan isi teks persuasi.
· Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.
· Memahami bagian logis antar bagian penting teks persuasi.
· Merumuskan kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
b. Menyajikan informasi isi teks persuasi
(3) Prosedur
a. Menuliskan bagian penting dari isi teks persuasi
Pertemuan ketiga
1. Fakta
Dampak Globalisasi
Assalamualaikaum Wr.Wb
Yang terhormat Kepala Sekolah
Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah
Yang terhormat guru-guru
Beserta seluruh murid yang berbahagia.
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya. Saya juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung acara ini. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk menyelanggarakan acara ini.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita. Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi. Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar pengaruh globalisasi dalam kehidupan kita.
Globalisasi berarti proses yang mendunia. Di abad 21 ini, pengaruh globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita. Bahkan, pengaruh tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang. Selain telepon genggam, yang tak kalah penting adalah penggunaan internet. Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk mengikuti program yang dikenal dengan melek internet.
Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik , kita harus bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai negatif dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik dan tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.
Jadi ,ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruh positip,namun kita harus mampu menyaring hal -hal yang berguna bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .
Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang dapat saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya mohon maaf.
Wabillahi taufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
(2) Konsep
- Struktur teks persuasi
1) Pengenalan isu
2) Rangkaian argumen
3) Pernyataan ajakan
4) Penegasan kembali
- Komponen detail bagian pada struktur teks persuasi
- Kaidah kebahasaan
1) pernyataan yang berupa bujukan
2) kata ganti orang
3) istilah teknis
4) konjungsi
5) kata kerja mental
6) perujukan
(3) Prosedur
- Menyusun kerangka teks persuasi
- Menulis teks persuasi secara benar
- Mengidentifikasi pernyataan bujukan, kata ganti orang dan penggunaan konjungsi.
- Mengklasifikasi istilah teknis
e. Mengeksplorasi kata kerja mental
Pertemuan keempat
1. Fakta
(1) Konsep
a. Penyajian teks persuasi
1) Menetukan topik dan tujuan
2) Membuat kerangka teks persuasi
- Pengenalan isu
- Rangkaian argument
- Pernyataan ajakan
- Penegasan kembali
3) pengembangan kerangka karangan
b. Komponen detail bagian pada struktur teks persuasi
c. Keterkaitan dengan permasalahan katual
d. Unsur kebahasaan teks persuasi
- pernyataan yang berupa bujukan
- kata ganti orang
- istilah teknis
- konjungsi
- kata kerja mental
- perujukan
e. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
(3) Prosedur
- Menyusun kerangka teks persuasi
- Menulis teks persuasi tentang permasalahan aktual
- Menyunting teks persuasi
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks persuasi secara berkelompok.
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kaidah ejaan bahasa Indonesia
b. Menulis teks persuasi
c. Menyunting teks persuasi
E. Metode Pembelajaran
1. Inquiry/ discovery learning
2. Metode Ilmiah (Saintifik)
F. Media dan Bahan
a. Media
1) Gambar lingkungan alam
2) Teks persuasi
3) Tabel telaah teks
4) LK pemandu kegiatan
5) Laptop
6) Kartu kata
b. Bahan
1) Kertas plano
2) Lem/double tapes
3) Gunting, spidol
G. Sumber Belajar
Mulyadi, Yadi. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/M.Ts. Bandung: Yrama Widya. Hlm. 171-196
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang yang mengenai ajakan-ajakan
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks persuasi pada saat mereka mendengarkan pidato pembina upacara di sekolah.
d. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik mencermati teks persuasi yang dibagikan. (LITERASI)
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang berlum dimengerti tentang objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teksyang mereka dapatkan.
c. Peserta didik mendiskusikan tentang pengertian teks persuasi (4C=COLLABORATIVE)
d. Peserta didik mendiskusikan tentang ciri dan tujuan teks persuasi
e. Guru menjelaskan informasi yang terdapat dalam teks persuasi.
f. Siswa mendiskusikan tentang informasi yang berupa ajakan-ajakan pada teks persuasi, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
g. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)
h. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i. Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
j. Peserta didik melaksanakan evaluasi tertulis.(HOTS)
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai teks persuasi.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai informasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentanginformasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi,serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali informasi, tujuan, ciri, dan ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang berkaitan dengan sebuah ajakan
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu tentang langkah-langkah merumuskan kesimpulan teks persuasi yang didengar dan dibaca.
d. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik membaca teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti tentang langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi.
c. Peserta didik mengumpulkan data tentang ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudil “PENDIDIKAN”
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta didikmenyimak penguatan hasil diskusi yang disampaikan guru.
h. Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ajakan dan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ajakan dan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi,
serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenaiajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.
e. Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk menelaa teks persuasi yang lain, bisa berupa pidato, atau arahan dari kepala desa tentang kemajuan desa.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasi.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks persuasi tentang sebuah pidato yang berjudul “Dampak Globalisasi” yang didengar dan dibaca.
d. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik mencermati teks persuasi yang dibagikan oleh guru.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang berlum dimengerti tentang struktur dan kebahasaan teks persuasi.
c. Peserta didik mengumpulkan data tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasidari buku teks siswa.
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerjatentang struktur dan kebahasaan teks persuasi,guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta didik melaksanakan evaluasi tertulis.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentangciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi,
serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks persuasi.
Pertemuan Keempat(3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang berkaitan dengan sebuah kalimat ajakan
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan cara dan langkah-langkah penulisan teks persuasi secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik mengamati objek berupa gambar tentang lingkungan.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti dari hasil pengamatan.
a. Peserta didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks persuasi.
b. Peserta didik guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks persuasi, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
c. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
e. Guru memberikan penguatan hasil diskusi.
f. Peserta didik mempublikasikan teks persuasi di mading kelas.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai langkah-langka penulisan, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai langkah-langka penulisan, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran langkah-langkah, struktur, kaidah kebahasaan, dan menyunting teks persuasiserta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka langkah-langkah penulisan, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks persuasi.
e. Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk menulis teks persuasi dengan tema “Menghindari Pergaulan Bebas” secara tertulis.
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
- Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis
c. Keterampilan
1) Produk
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 1 KARANGAMPEL
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
1. Kisi-Kisi tes tertulis
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | INDIKATOR SOAL | NOMOR SOAL |
| Pengetahuan | Teks persuasi | 3.13.1 Menentukan informasi yang terdapat pada teks persuasi. 3.13.2. Menentukan pengertian dari teks persuasi. | 1. mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “hindarilah rook meskipun sebatang”. Aspek informasi teks persuasi. 1. topik 2. pendapat 3. fakta 4. saran 5. jakan | |
B. Instrumen Soal
Tes tertulis
1. Secara berkelompok identifikasikanlah informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindari rokok meskipun sebatang”
Pedoman Penilaian:
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Siswa mampu menginformasikan teks persuasi mencakup 4 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 100 |
2 | Siswa mampu menginformasikan teks persuasi mencakup 3 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 75 |
3 | Siswa mampu menginformasikan teks persuasi mencakup 2 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 50 |
4 | Siswa mampu menginformasikan teks persuasi mencakup 1 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 25 |
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
- Kunci Jawaban
No | Aspek | Jawaban |
1 | Topik | Bahaya Rokok |
2 | Pendapat | Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun |
3 | Fakta | Memiliki kandungan zat bahaya |
4 | Saran/Ajakan | Maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain tiu juga kita tidak merugikan orang lain. |
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
3.13. Mengidentifikasi jenis, saran, ajakan arahan dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atau permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas / Kelompok : ...............................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Rokok mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.
1.Secara berkelompok identifikasikanlah informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindarilah Rokok Meskipun Sebatang”
Aspek Informasi Teks Persuasi | Hal yang Dinformasikan |
Topik | ……………………. |
Pendapat | ……………………. |
Fakta | ……………………. |
Saran/Ajakan | ……………………. |
2.Presentasikanlah hasil diskusi kelompokmu mengenai isi teks persuasi secara bergantian dengan kelompok lain.
b. Pertemuan Kedua
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 1 Karangampel
Kelas/Semester : VII/Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
2. Kisi-Kisi tes keterampilan
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NOMOR SOAL |
1 | Keterampilan | Teks Persuasi. | 4.13.1Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi 4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi | Mebuat kesimpulan dari teks persuasi | 1 |
Rubrik Penilaian
Aspek | Skor |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan sangat tepat | 100 |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tepat | 75 |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan cukup tepat | 50 |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tidak tepat | 25 |
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
skor maksimal
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 4.13Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, perimbangan tentang berbagai hal positif atau permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Nama Siswa/ Kelomok : ................................................................
Kelas / Kelomok : ...............................................................
1. Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
PENDIDIKAN
Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan pendidikan kita bias mendapatkan pencerahan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan belajar dengan giat baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak belajar dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia karena tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh karena itu, marilah belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar kita dapat mendapat cita-cita.
2. Diskusikanlah informasi pada teks persuasi tersebut seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya.
3. Simpulkanlah informasi-informasi tersebut menjadi simpulan teks persuasi yang mudah dipahami dan dimaknai.
langkah-langkahmerumuskan kesimpulan teks persuasi.
· Membaca keseluruhan isi teks persuasi.
· Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.
· Memahami bagian logis antar bagian penting teks persuasi.
· Merumuskan kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
Pertemuan Ketiga
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMP……
Kelas/Semester : VIII/Genap
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi tes keterampilan
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NOMOR SOAL |
1 | Keterampilan | Teks Persuasi. | 3.14.1 Mendiskusikan struktur isi teks persuasi 3.14.2 Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca /didengar 3.14.3 Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang dibaca/didengar 3.14.4 Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi. | - Mendiskusikan struktur teks persuasi. - Membedakan struktur teks persuasi - Mendiskusikan kaidah kebahasaan teks persuasi. - Mendata permaslahan actual teks persuasi | 1 |
Pedoman Penilaian
1. Menentukan bagian-bagian dari struktur paragraf persuasi.
“Dampak globalisasi”
Aspek | Skor |
Menuliskan keseluruhan bagian dalam struktur paragraf persuasi berupa pengenalan isu, rangakaian argumen, ajakan-ajakan, dan penegasan kembali dengan tepat. | 100 |
Menuliskan 3 dari 4 komponen dari struktur paragraf persuasi dengan tepat | 75 |
Menuliskan 2 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan tepat | 50 |
Menuliskan 1 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan tepat | 25 |
2. Menentukan unsur kebahaaan dalam paragraf persuasi
Aspek | Skor |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengansangat tepat | 100 |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tepat | 75 |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan cukup tepat | 50 |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tidak tepat | 25 |
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
skor maksimal
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi berupa saran, ajakan, dan pertimbangan dengan berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisisosial, dan/atau keberagaman budaya dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas / Kelompok : ...............................................................
1. Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
Dampak Globalisasi
Assalamualaikaum Wr.Wb
Yang terhormat Kepala Sekolah
Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah
Yang terhormat guru-guru
Beserta seluruh murid yang berbahagia.
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya.Saya juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung acara ini.Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk menyelanggarakan acara ini.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita.Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi.Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar pengaruh globalisasi dalam kehidupan kita.
Globalisasi berarti proses yang mendunia. Di abad 21 ini, pengaruh globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita.Bahkan, pengaruh tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan.Misalnya, di bidang transportasi.Setiap hari kita dapat melihat jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi.Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang.Selain telepon genggam, yang tak kalah penting adalah penggunaan internet.Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk mengikuti program yang dikenal dengan melek internet.
Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik , kita harus bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai negatif dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik dan tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.
Jadi ,ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruh positip,namun kita harus mampu menyaring hal -hal yang berguna bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .
Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang dapat saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya mohon maaf.
Wabillahi taufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
a. Analisislah teks pidato tersebut berdasarkan struktur teks persuasi
b. Berdasarkan analisis yang kamu lakukan, apakah teks tersebut memnuhi kelengkapan struktur teks persuasi ?simpulkan jawabanmu dengan disertai tanggapan.
Struktur | Bagian dalam Teks | Penjelasan |
Pengenalan isu | | |
Rangkaian argument | | |
Pernyataan ajakan | | |
Penegasan kembali | | |
c. Simpulkanlah informasi-informasi tersebut menjadi simpulan teks persuasi yang mudah dipahami
2. Menentukan kaidah kebahasaan pada teks persuasi “dampak globalisasi”
No. | Aspek | Kutipan, Kalimat/ kata dalam teks |
1. | Penggunaan pernyataan yang bersifat bujukan atau ajakan | |
2. | Penggunaaan kata ganti orang | |
3. | Penggunaan istilah teknis | |
4. | Penggunaan konjungsi | |
5. | Penggunaan kata kerja mental | |
6. | Penggunaan perujukan | |
Pertemuan Keempat
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMP…
Kelas/Semester : VIII/Genap
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi tes keterampilan
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NOMOR SOAL |
1 | Keterampilan | Teks Persuasi. | 4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi 4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi. 4.14.3 mempresentasikan teks persuasi yang ditulis | - Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi. - Menulis eks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya | 1 |
Pedoman Penilaian
1. Menulis teks persuasi sesuai dengan topik yang ditentukan
Rubrik
Aspek | Skor |
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan sangat tepat | 100 |
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan tepat | 75 |
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan cukup tepat | 50 |
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan tidak tepat | 25 |
Pedoman penilaian
Nilai = skor yang diperoleh x 100
Skor max
Kunci Jawaban : Kebijakan guru
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktu, kebahasaan atau aspek lisan.
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas / Kelompok : ...............................................................
1. Buatlah teks persuasi dengan tema “Jagalah Kebersihan” dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya.
2.
a. Temukan informasi yang berkaitan dengan tema tersebut.
Aspek | Kutipan |
Menentukan topik dan tujuan | |
Membuat krangka teks persuasi | |
b. Kembangkan kerangka karangan menjadi teks persuasi utuh
Mengetahui
……………, juli 2017 Kepala SMP Guru Mata Pelajaran,
------------------------------------ ---------------------------------------------
NIP------------------------------- NIP ---------------------------------------
0 Response to "RPP TEKS PERSUASI KELAS VIII SEMESTER 2"
Posting Komentar