MENYUNTING KALIMAT


MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/SMK 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Soal di atas menanyakan perbaikan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMK/MAK termasuk dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat


Kalimat efektif ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.

Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.

kalimat yang tidak efektif pada kalimat (5) karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).

Analisis kalimat (5) sebagai berikut.

a.         Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini,  sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya (tidak hemat) 
b.      Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini,  sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya. (hemat)

RINGKASAN MATERI

A.      Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif

1.    Keutuhan

Contoh:

a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.    Kesejajaran

1)   Bentuk

a.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)   Makna

a.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)   Pengedepanan

a.    Sangat membanggakan siswa kita itu. 
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.    Anak yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak temannya. 
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.    Kehematan

1)   Penghilangan Subjek

a.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian siswa  itu langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)   Penghilangan Bentuk Sinonim

a.    Menjaga kebersihan sekolah adalah merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat) 
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.    Sejumlah guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.    Kelogisan

Contoh:

a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)

0 Response to "MENYUNTING KALIMAT"

Posting Komentar