SOAL PERSIAPAN TES AKHIR KOMPETENSI PEDAGOGIK
KKB TEORI BELAJAR
KKB TEORI BELAJAR
A. Evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu pilihan A, B, C, atau D!
1. Menurut UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 1 ayat 20, belajar adalah …
A. proses mengubah jati diri seseorang
B. aktivitas yang dilakukan seseorang
C. pengalaman atau pelatihan seseorang
D. semua aktivitas mental seseorang
2. Teori belajar yang mendudukkan siswa sebagai individu yang pasif. Respons atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman merupakan pengertian dari teori belajar….
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivis
3. Anak mempunyai dorongan untuk berbuat sesuatu, mempunyai kemauan dan aspirasinnya sendiri. Belajar tidak bisa dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak bisa dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran….
A. Perhatian dan Motivasi
B. Keaktifan
C. Keterlibatan Langsung
D. Pengulangan
4. Teori belajar kognitif mulai berkembang pada abad terakhir sebagai protes terhadap teori perilaku yang yang telah berkembang sebelumnya. Peneliti yang mengembangkan teori kognitif ini adalah ….
A. Bandura, Wielkeiwicks, Ausubel
B. Ausubel, Bruner,Bandura
C. Wielkeiwicks, Ausubel,Burner
D. Ausubel, Bruner, dan Gagne
5. Teori ini menggabungkan antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi tersebut dapat berjalan optimal. Kecerdasan merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang dapat diaktifkan melalui proses belajar, interaksi dengan keluarga, guru, teman dan nilai-nilai budaya yang berkembang.Teori belajar ini disebut….
A. Teori Belajar Revolusi Sosiokultural
B. Teori Kecerdasan Ganda
C. Teori Belajar Sosial
D. Teori Pembelajaran Sosial
6. Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi.Teori ini tergolong aliran ….
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Konstruktivism
7. Berbagai prinsip belajar yang relatif berlaku umum dapat digunakan sebagai dasar dalam pembelajaran. Prinsip tersebut adalah ….
A. Perhatian dan motivasi
B. Keaktifan dan pandangan
C. Keterlibatan langsung dan pandangan hidup
D. Pengulangan dan pola individual
8. Paham behaviorisme adalah paham yang mengemukakan bahwa proses berbahasa merupakan proses rangsang-tanggap (stimulus-respons) Paham tersebut termasuk aliran:
A. Strukturalisme
B. Deskriptif
C. Fungsional
D. nativisme
9. Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. “ Belajar hanya terjadi hanya apabila anak aktif mengalami sendiri”. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran …
A. Motivasi
B. keaktifan
C. tantangan
D. pengulangan
10. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan pandangan kaum strukturalis adalah…
A. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
B. Fokus perhatian pada fonologi, morfologi, sedikit, sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
C. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan semantik.
D. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sama sekali tidak memperhatikan sintaksis dan semantik.
Kunci Jawaban
No | Jawaban | No | Jawaban | No | Jawaban |
1 | A | 5 | C | 9 | B |
2 | B | 6 | B | 10 | A |
3 | D | 7 | D | ||
4 | B | 8 | A |
Sumber:
Wibowo, Hari,dkk. 2017. Teori Belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo, Hari,dkk. 2017. Teori Belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
0 Response to "SOAL LATIHAN TES AKHIR PKB PEDAGOGIK MODUL B TEORI BELAJAR"
Posting Komentar