RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama Sekolah | : | SMP …………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog interaktif
2. Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio dengan cermat dan logis
E. Nilai PBKB
1. Cermat
2. Berpikir Logis
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Cermat
mendengarkan rekaman dialog dengan baik
menemukan hal penting dalam dialog
2. Berpikir Logis
mampu menyimpulkan isi dialog interaktif
G. Materi Pembelajaran
1. Hal-hal penting dalam dialog interaktif
- Simpulan isi dialog interaktif
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang dialog interaktif secara sekilas. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming tentang hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif . 2. Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan dialog interaktif. (yang dibacakan murid secara berkelompok) Elaborasi 3. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam dialog interaktif. (cermat) 4. Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis Konfirmasi 5. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab. 6. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 7. Dengan arahan dan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan mengenai hal-hal penting dalam dialog interaktif (berpikir kritis, kreatif, logis, inovatif) | |||
C. | Penutup | 15’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam menentukan hal-hal penting dalam dialog interaktif? dll. 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan peduli sosial. 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | |
A. | Pendahuluan | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas. 3. Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus. | ||
B. | Inti | |
Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif (fokus pada simpulan isi dialog interaktif) 2. Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif 4. Wakil setiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain memberikan penilaian. Konfirmasi 5. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 6. Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau kesimpulan mengenai hal penting dan simpulan dialog interaktif # Selanjutnya siswa melaksanakan penilaian untuk mengukur pencapaian KD | ||
C. | Penutup | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? § Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari mendengarkan dialog interaktif? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan peduli sosial. 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (siswa mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu, pada waktu tertentu) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (siswa membiasakan diri untuk mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan membuat laporan tertulis). 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Belajar
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 76 – 77)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Siaran dialog interaktif pada tayangan televisi tertentu dan rekamannya
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8
5. Hasil Karya Siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkanlah dengan saksama rekaman dialog interaktif berikut kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaannya!
1) Temukan minimal tiga hal penting yang terdapat dalam dialog interaktif tersebut!
2) Simpulkan isi dialog interaktif yang kamu dengar!
PEDOMAN PENSKORAN
1. Hal penting dalam dialog interaktif
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa menuliskan 3 pokok berita atau lebih | 10 |
2 | Siswa menuliskan 1-2 pokok cerita | 5 |
3 | Siswa tidak menuliskan apa-apa | 0 |
Skor Maksimal | 10 |
2. Simpulan isi dialog interaktif
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa menyimpulkan isi dialog berdasarkan hal penting yang telah dicatat | 10 |
2 | Siswa menyimpulkan isi dialog, tetapi tidak berdasarkan hal penting yang telah dicatat | 5 |
3 | Siswa tidak menyimpulkan isi dialog | 0 |
Skor Maksimal | 10 | |
Skor Total Maksimal Soal 1 dan 2 | 20 |
Perolehan Skor | ||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
20 |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Cermat | Berpikir Logis | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
.................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "RPP KD 1.1. MENYIMPULKAN ISI DIALOG INTERAKTIF BAHASA INDONESIA KELAS IX/1 KURIKULUM 2006 (KTSP)"
Posting Komentar