RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
B. Kompetensi Dasar
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
2. Mampu mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendata pendapat tiap-tiap narasumber secara cermat.
- Siswa dapat mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang logis dan komunikatif.
E. Nilai PBKB
- Cermat
- Berpikir Logis
3. Komunikatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Cermat
a. mendengarkan rekaman dialog interaktif dengan seksama
b. mampu mendata pendapat tiap narasumber
- Berpikir Logis
a. mampu menemukan pendapat narasumber
3. Komunikatif
a. mampu mengomentari pendapat narasumber
G. Materi Pembelajaran
- Pendataan pendapat narasumber
- Komentar terhadap pendapat narasumber
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang dialog interaktif secara sekilas. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming tentang hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif . 2. Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan dialog interaktif. Elaborasi 3. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam dialog interaktif. (berpikir logis, cermat) 4. Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis Konfirmasi 5. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab. 6. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 7. Dengan arahan dan bimbingan guru siswa membuat komentar mengenai hal-hal penting dalam dialog interaktif (komunikatif) | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam menentukan hal-hal penting dalam dialog interaktif? dll. 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir Logis, Komunikatif 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | |
A. | Pendahuluan (10’) | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas. 3. Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus. | |
B. | Inti (55’) | |
| Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif (fokus pada mengomentaripendapat narasumber pada dialog interaktif) 2. Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif 4. Wakil setiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain memberikan penilaian. (komunikatif) Elaboras Konfirmasi 5. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 6. Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau kesimpulan mengenai hal- hal penting dan komentar terhadap pendapat narasumber dalam dialog interaktif # Selanjutnya siswa melaksanakan penilaian untuk mengukur pencapaian KD | |
C. | Penutup (15’) | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? § Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari mendengarkan dialog interaktif? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir Logis, Komunikatif 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur ( mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu dan waku tertentu) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (Siswa membiasakan diri untuk mengomentari isi dialog interapendapat narasumber pada dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan membuat laporan tertulis). 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 40 – 42)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Siaran dialog interaktif pada tayangan televisi tertentu
4. VCD rekaman dialog interaktif,
5. Teks dialog interaktif
6. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8
7. Hasil Karya Siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkanlah dengan saksama rekaman dialog interaktif berikut kemudian jawablah pertanyaannya!
1) Temukan pendapat narasumber yang Kalian dengar!
2) Berikan komentar tentang isi dialog interaktif yang Kalian dengar dengan alasan yang meyakinkan !
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
No | Kegiatan | Skor |
1 2 3 4 5 | Siswa menuliskan 5 pendapat atau lebih Siswa menuliskan 4 pendapat Siswa menuliskan 3 pendapat Siswa menuliskan 2 pendapat Siswa menuliskan 1 pendapat | 5 4 3 2 1 |
Soal Nomor 2)
No. | Kegiatan | Skor |
1 2 3 4 5 | Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan sangat logis Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan logis Siswa memberikan 1 komentar tetapi alasan kurang logis Siswa memberikan 1 komentar tetapi alasan tidak logis Siswa memberikan 1 komentar tetapi tidak ada alasan | 5 4 3 2 1 |
Skor maksimal
No. 1) = 5
No. 2) = 5
Jumlah 10
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 10 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | ||
Cermat | Berpiki Logis | Komunikatif | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "RPP KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KD 1.2 MENGOMENTARI PENDAPAT NARASUMBER (KURIKULUM 2006)"
Posting Komentar