RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun.
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu mengkritik karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun.
2. Mampu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun disertai alasan yang logis.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas, santun dan komunikatif.
E. Nilai PBKB
1. Menghargai Karya Orang Lain
2. Santun
3. Komunikatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Menghargai Karya Orang Lain
a. mampu memuji karya seni
b. mencermati contoh puisi
- Santun
a. mampu memberikan kritik dengan bahasa yang santun
b. mampu memuji karya seni dengan bahasa yang santun
- Komunikatif
a. mampu memberikan kritik dengan bahasa yang lugas dan komunikatif
b. mapu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan komunikatif
G. Materi Pembelajaran
- Kritik terhadap karya seni
- Pujian terhadap karya seni
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang kondisi fisik sebuah karya seni (materi tanya jawab mengarah ke kritikan dan pujian) 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan menilai karya seni dengan pertanyaan,”Siapa yang suka membaca puisi, cerpen. melukis? Siapa yang suka menulis puisi, cerpen, melukis, atau membuat karya seni yang lain? Apakah semua karya seni yang pernah kita baca atau yang kita buat pasti bagus? Apa reaksi kita terhadap karya seni yang kita cermati? Apa apresiasi orang ketika menikmati karya seni kita? Mengkritik atau memuji? (komunikatif) 2. Secara berkelompok siswa mencermati karya seni( c.q puisi) yang sudah disiapkan guru Elaborasi 3. Masih dalam kelompok masing-masing siswa menentukan materi yang dapat dijadikan bahan kritikan dan pujian terhadap karya seni disertai dengan alasan logisnya. 4. Secara perseorangan siswa membuat kalimat kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga terdapat alasan logis. (santun) 5. Siswa saling bertukar pekerjaan dengan teman lain dalam satu kelompok untuk saling memberikan tanggapan dan memilih kalimat kritikan dan kalimat pujian terbaik. (menghargai karya orang lain) 6. Siswa saling menukar hasil kerja terbaik ke kelompok lain. 7. Setiap kelompok memberikan penilaian terhadap hasil kerja kelompok lain( satu kelompok dinilai oleh dua kelompok yang berbeda)
Konfirmasi
| |||
C. | Penutup | 5’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari mengkritik dan memuji karya seni? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian materi/kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru mengingatkan kembali tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Secara lebih intensif guru dan siswa bertanya jawab tentang capaian kompetensi siswa pada pertemuan pertama (kalimat kritikan dan pujian) 2. Siswa mencermati sebuah puisi (puisi yang berbeda dengan pertemuan pertama) yang diperlihatkan oleh guru Elaborasi 3. Secara perseorangan siswa menentukan materi yang dapat dijadikan bahan kritikan dan pujian terhadap puisi disertai dengan alasan logisnya. 4. Secara perseorangan siswa membuat kalimat kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga terdapat alasan logis. (santun) 5. Siswa saling bertukar pekerjaan dengan teman sebangku untuk saling memberikan tanggapan. (menghargai karya orang lain) Konfirmasi
# Selanjutnya siswa melakukan penilaian untuk pengukuran pencapaian kompetensi. | |||
C. | Penutup | 5’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang kalimat kritikan dan pujian. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari mengkritik dan memuji karya seni? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (Siswa menulis kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang ditunjukkan guru dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (Siswa menulis kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang dipilih siswa). 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 4 – 5)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Hasil karya seni (beberapa contoh puisi dan cerpen)
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 9-16
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
1) Buatlah kritikan atau pujian terhadap karya seni berikut disertai dengan alasan yang logis dan bahasa yang lugas dan santun.
Pedoman Penskoran
No. | Aspek yang dinilai | Skor | |||
1 | Keberadaan materi yang dikritik | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Kejelasan kritikan/pujian | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Kelogisan alasan | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Keberadaan saran/penghargaan | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Kelugasan dan kesantunan bahasa | 1 | 2 | 3 | 4 |
Skor Maksimal | 20 |
Perolehan Skor | ||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
20 |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | ||
Menghargai Karya Orang Lain | Santun | Komunikatif | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "RPP BAHASA INDONESIA KD 2.1 MENGKRITIK KARYA SENI KURIKULUM 2006"
Posting Komentar