RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair.
B. Kompetensi Dasar
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu menemukan tema syair yang diperdengarkan
2. Mampu menemukan pesan syair yang diperdengarkan.
3. Mampu menemukan relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan masa kini.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
E. Nilai PBKB
1. Kecerdasan
2. Percaya Diri
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Kecerdasan
mampu menemukan tema syair
mempu menemukan pesan syair
mampu menemukan relevansi moral syair
2. Percaya Diri
menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas
G. Materi Pembelajaran
- Tema syair yang diperdengarkan
- Pesan syair yang diperdengarkan
- Relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan sekarang
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus pada tema dan pesan syair). 2. Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa mencermati contoh syair yang disiapkan guru. Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menemukan tema, pesan, relevansi pesan moral syair dengan kehidupan sekarang. (kecerdasan) 4. Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok (percaya diri) Konfirmasi 5. Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang hasil diskusi mereka (tema, pesan dan nilai kehidupan dalam syair) | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang (tema, pesan dan nilai kehidupan dalam syair. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran tema, pesan dan nilai kehidupan dalam syair? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecerdasan dan Percaya Diri 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya | |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus pada tema dan pesan syair). 2. Masih sama dengan kelompok pada pertemuan pertama siswa mendengarkan syair yang diperdengarkan guru Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menemukan tema dan pesan syair. (kecerdasan) 4. Siswa saling menukar pekerjaan untuk memberikan penilaian 5. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok terbaik (percaya diri) 6. Siswa memajang Hasil kerja semua kelompok pada dinding-dinding kelas. Konfirmasi 6. Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang hasil diskusi mereka (tema dan pesan syair) # Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk mengukur pencapaian KD | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang (tema dan pesan dalam syair. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: kecerdasan dan percaya diri; 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur ( menemukan tema dan pesan syair (I) yang diperdengarkan ) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (menemukan tema dan pesan syair (II) yang diperdengarkan) 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 20 – 22)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Kumpulan syair
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 31-36
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkan dengan saksama syair yang dibacakan atau diputar, kemudian kerjakan soal-soal berikut!
1) Temukan tema syair yang kamu dengarkan!
2) Tulislah pesan syair yang kamu dengarkan!
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1)
Soal nomor 2)
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
. | Perolehan Skor | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| 15 | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Kecerdasan | Percaya Diri | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "RPP KD 5.1 MENEMUKAN TEMA DAN PESAN SYAIR KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006"
Posting Komentar