RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 13
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
B. Kompetensi Dasar
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu menentukan alur cerpen yang dibaca
2. Mampu menceritakan kembali isi cerpen secara lisan
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menceritakan kembali secara lisan isi cerpen dengan rasa percaya diri.
E. PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
- Percaya Diri
- Kedemokratisan
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
a. mampu menentukan alur cerpen
b. mampu mencatat hal-hal penting dalam cerpen
- Percaya Diri
a. menceritakan kembali isi cerpen di depan kelas
- Kedemokratisan
a. berdiskusi secara kelompok
b. menghargai karya teman
G. Materi Pembelajaran
1. Alur cerpen
2. Cara menceritakan kembali isi cerpen secara lisan
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerpen. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa menyimak model menceritakan kembali isi cerpen( guru atau siswa sebagai model) 2. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan cerpen dan penceritaan kembali isi cerpen secara lisan Elaborasi 3. Secara berkelompok siswa (4 – 5 orang) siswa mencatat hal-hal penting berdasarkan cerpen yang dibacakan/didengar. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif 4. Siswa menyusun alur cerpen yang didengar 5. Siswa menuliskan kembali isi cerpen secara runtut 6. Siswa dalam kelompok bergantian menceritakan kembali isi cerpen , siswa lain menilai dengan rubrik penilaian yang telah disepakati (percaya diri) 7. Pencerita terbaik mewakili kelompok untuk menceritakan di depan kelas. 8. Kelompok lain menilai dengan menggunakan rubrik penilaian yang telah disepakati bersama. (kedemokratisan) Konfirmasi 9. Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang cara/ teknik menceritakan kembali isi cerpen secara lisan | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara/ teknik menceritakan kembali isi cerpen secara lisan 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai kecakapan hidup: berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif; percaya diri dan kedemokratisan 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama (hal-hal yang berkaitan dengan cerpen dan cara/teknik menceritakan kembali isi cerpen secara lisan) 2. Siswa menyimak kembali model menceritakan kembali isi cerpen (wakil kelompok terbaik pada pertemuan pertama sebagai model) Elaborasi 3. Secara klasikal siswa menyampaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menceritakan kembali isi cerpen secara lisan (percaya diri) 4. Beberapa siswa melakukan hal serupa yang dilakukan model (menceritakan kembali isi cerpen secara lisan) 5. Beberapa siswa menyampaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menceritakan kembali isi cerpen secara lisan Konfirmasi 6. Siswa mendapatkan konfirmasi kembali dari guru tentang cara/ teknik menceritakan kembali isi cerpen secara lisan # Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara/ teknik menceritakan kembali isi cerpen secara lisan 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai kecakapan hidup: berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif; percaya diri dan kedemokratisan 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (menceritakan kembali secara tertulis isi cerpen tertentu yang ditentukan guru dengan bahasa sendiri dan menyimpulkan hal-hal menarik dan maksud ungkapan dalam cerpen) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (menceritakan kembali secara tertulis isi cerpen yang dipilih siswa dengan bahasa sendiri dan menyimpulkan hal-hal menarik dan maksud ungkapan dalam cerpen) 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 61 – 63)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Kumpulan cerpen
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 37-40
5. Hasil karya siswa
.
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen : -------
c. Soal/Instrumen :
Bacalah sebuah cerpen kemudian ceritakan kembali isi cerpen secara lisan!
Pedoman Penskoran
No. | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Kesesuaian isi | Isi cerpen yang diceritakan sesuai dengan isi cerpen asli | | | | |
2 | Kesesuaian visualisasi | Visualisasi mendukung isi cerita | | | | |
3 | Pelafalan | Pelafalan kata secara jelas dan tepat | | | | |
4 | Jeda dan Intonasi | Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita | | | | |
5 | Gerak/mimik | Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan | | | | |
| | Skor maksimal = 20 | | | | |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 20 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | ||
Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif | Percaya Diri | Kedemokratisan | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "RPP KD 6.1. MENCERITAKAN ISI CERPEN KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 (KTSP)"
Posting Komentar