PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTS
PERBAIKAN KALIMAT PADA TEKS
Kunci Jawaban: A
PERBAIKAN KALIMAT PADA TEKS
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Soal tersebut menanyakan perbaikan kalimat pada teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji adalah memperbaiki kalimat.
Perbaikan yang tepat kalimat (3) Dengan upaya berbagai pedoman terus dilakukan instrument adalah Upaya pemadaman terus dilakukan dengan berbagai instrumen (pilihan jawaban A). Kalimat pilihan jawaban A memenuhi syarat kelogisan kalimat. Kalimat tersebut berpola SPK.
RINGKASAN MATERI
KALIMAT EFEKTIF
A. Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B. Syarat Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan melawan. (tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan tidak melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak temannya.
b. Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan Subjek
a. Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian siswa itu langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan Bentuk Sinonim
a. Menjaga kebersihan sekolah adalah merupakan tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIABACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat hubungan sebab akibat
9. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Teks Prosedur
22. Keistimewaan dan Keteladanan tokoh (teks biografi)
23. Kata bentukan
24. Kalimat tidak efektif
25. Menyunting ejaan dan tanda baca
KISI-KISI UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kisi-kisi-soal-uji-coba-ujian-nasional.html
0 Response to "MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT"
Posting Komentar